Sabtu, 11 November 2023

Atribut, Entitas, dan Relasi dalam ERD




Entity Relationship Diagram (ERD)

Secara umum ERD adalah sebuah diagram yang digunakan untuk merancang suatu sistem database dengan menghubungkan objek dan atributnya secara detail, dengan tujuan agar sistem databse tersebut lebih rapi dan terstruktur, kemudian untuk meningkatkan fleksibilitas, menjadikan sebuah konsep yang dapat dengan mudah dipahami serta menjadikan sarana komunikasi yang efektif.

Komponen dalam ERD

Untuk menciptakan ERD database diperlukan banyak komponen beserta beberapa komponen utama. Berikut ini adalah empat komponen utama ERD beserta penjelasannya:

1. Entitas


Komponen yang pertama adalah entitas. Ini merupakan sekumpulan objek data yang unik dan saling berbeda. Dalam ERD, biasanya entitas digambarkan dalam simbol persegi panjang. Sementara itu, untuk entitas yang dinilai lemah atau disebut weak entity digambarkan dengan simbol persegi panjang kecil dalam persegi panjang besar.

Entitas merupakan objek data yang nyata. Meskipun begitu objek nyata ini dapat berwujud maupun tidak. Sebagai contoh untuk entitas yang berwujud adalah buku, perusahaan, atau orang. Objek entitas berwujud adalah sesuatu yang ada di dunia nyata dan dapat dirasakan menggunakan indera manusia.

Berbeda dengan objek abstrak atau tidak berwujud. Objek-objek demikian merupakan sesuatu yang tidak memiliki bentuk konkret di dunia nyata. Misalnya seperti pekerjaan, mata kuliah, peristiwa, dan sebagainya.

2. Atribut

Komponen ERD database  berikutnya adalah atribut. Atribut ERD adalah karakteristik yang menjelaskan suatu entitas. Dalam pemakaiannya, atribut dibedakan menjadi beberapa jenis. Tiga jenis di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Atribut key. Jenis ini merupakan atribut unik yang berbeda. Contohnya seperti nomor induk mahasiswa atau nomor identitas lainnya.
  • Atribut composite. Atribut ini terdiri atas sub atribut dengan arti tertentu. Misalnya seperti nama lengkap yang dipisahkan menjadi nama depan dan belakang.
  • Atribut derivatif. Jenis derivatif merupakan jenis atribut yang didapatkan dari relasi lain. Biasanya atribut ini tidak selalu perlu ditulis dalam diagram ERD. Sebagai contoh seperti kelas, usia, atau selisih harga.
3. Relasi

Selain entitas dan atribut, relasi juga termasuk dalam komponen utama penyusun Entity Relationship Diagram. Relasi atau hubungan adalah keterkaitan antara beberapa entitas yang berasal dari himpunan lain. Dalam ERD, relasi juga terbagi atas beberapa jenis sebagai berikut:
  • One to one: jenis ini hanya memberikan satu relasi pada setiap entitas ke satu entitas lainnya. Sebagai contoh seperti relasi antara nomor induk siswa dan siswa.
  • One to many: relasi ini merupakan hubungan antar satu entitas dengan beberapa entitas atau sebaliknya. Misalnya seperti hubungan antara guru dengan murid-muridnya.
  • Many to many: jenis relasi ini menjelaskan hubungan beberapa entitas dengan beberapa entitas lainnya. Sebagai contoh seperti siswa dan ekstrakulikuler.
4. Garis

Komponen terakhir adalah garis. Dalam ERD sendiri garis digunakan untuk menunjukkan hubungan entitas dalam ERD. Selain menjadi penghubung, garis juga dapat menunjukkan alur atau flow dari suatu ERD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar